my pet.....

Kamis, 23 Mei 2013

Sekilas mengenai Romawi



A.    Sejarah Romawi
Kerajaan (753-509 SM)
Kota Roma didirikan oleh suku bangsa local yang telah membangun perkemahan di tujuh bukit di sekeliling Roma pada 753 SM. Menurut legenda, Roma didirikan oleh dua orang kakak beradik, Romulus dan Remus, cucu raja Numitor. Sodara raja yang jahat, Amulius, memasukan kedua bersaudara yang masih bayi itu kesebuah keranjang lalu dibuang ke sungai Tiber. Tetapi mereka diselamatkan dan disusui oleh serigala betina. Mereka mendirikan Roma. Namun keduanya bertikai dan Remus terbunuh. Romulus kemudian menjadi raja yang pertama[1].
-          Romawi memiliki banyak Raja antara lain:
1.      Romulus
2.      Numa Pompilius
3.      Tullus Hostilius
4.      Ancus Marcius
5.      Tarquinius Priscus
6.      Servius Tullius
7.      Tarquinius Superbus
-          Masa Republik
Sekitar tahun 500-an SM, ketika demokrasi sudah dimulai di Athena, para aristokrat Romawi memutuskan bahwa mereka tak mau lagi dipimpin oleh raja-raja Etruska. Para raja memang bertugas secara baik untuk rakyat miskin, namun golongan orang kaya menginginkan lebih banyak kekuasaan. Akan tetapi kelompok kaya tidak bisa begitu saja menyingkirkan raja. Mereka memerlukan bantuan dari orang miskin. Jadi mereka berjanji kepada kaum miskin bahwa orang miskin akan memperoleh lebih banyak kekuasaan dalam pemerintahan yang baru, jika mereka bersedia membantu menyingkirkan raja. Kaum miskin bersedia membantu, dan bersama-sama mereka menggulingkan kekuasaan raja. Akan tetapi, kaum miskin tetap saja tidak memperoleh kekuasaan seperti halnya kaum miskin di Athena. Setelah beberapa tahun, kaum miskin Romawi tetap merasa bahwa mereka kurang diperhatikan. Mereka memaksa para aristokrat setuju bahwa kaum miskin dapat ikut memilih Tribunus. Tribunus sendiri harus dipilih dari golongan miskin, dan mereka mengikuti rapat Senat. Mereka berhasil memveto keputusan Senat yang sekiranya dapat berakibat buruk bagi kaum miskin. Veto artinya "Aku melarangnya" dalam bahasa Latin, dan itu bermakna bahwa Tribunus dapat mencegah diberlakukannya hukum apapun yang sekiranya buruk bagi orang miskin.
-          Kekisaran (27 SM-475 M)
Setelah masa republik Romawi mengalami masa kediktatoran yang di pimpin oleh kaisar antara lain:
1.      Octavianus (Agustus)
2.      Tiberius
3.      Caligula
4.      Claudius
5.      Agrippina
6.      Nero
7.      Galba
8.      Otho
9.      Vitellius
-          Kemunduran Romawi
Kemunduran Romawi (200-476 M) • Krisis Abad Ketiga (235-284 M) Romawi yang terpecah pada tahun 271 M, terbagi-bagi menjadi Kekaisaran Romawi (merah), Kekaisaran Galia (hijau), dan Kekaisaran Palmyra (kuning). Pada tahun 200-an M (abad ketiga), Kekaisaran Romawi mengalami masa-masa sulit. Para sejarawan memiliki banyak pendapat mengenai alasannya, namun satu alasan yang pasti adalah bahwa Romawi terus-menerus diserang oleh Sassania di Timur dan pada saat yang sama diserang juga oleh orang-orang Jermanik di utara. Sangat sulit dan mahal menghadapi dua peperangan sekaligus, akibatnya pajak harus dinaikkan menjadi sangat tinggi, dan rakyat tidak senang ketika harus membayar pajak yang tinggi. Selain itu, kaisar Romawi tidak dapat memimpin dua pasukan pada saat yang sama. Jadi dia harus memilih seorang jenderal untuk memimpin separuh lainnya dari pasukan Romawi. Seorang kaisar harus memilih untuk melawan Sassania, dan pasukan yang melawan suku Jermanik dipimpin oleh seorang jenderal, atau sebaliknya. Namun pasukan manapun yang dipimpin oleh seorang jenderal sering merasa iri. Mereka bahkan sering mengangkat jenderal mereka menjadi kaisar. Kadang mereka menang, kadang mereka kalah, namun itu membuat dua paruh pasukan Romawi menghabiskan banyak waktu berperang satu sama lain alih-alih melawan Sassania dan suku Jermanik.
-          Runtuhnya Romawi
Selama bertahun-tahun para kaisar Romawi terlalu lemah untuk menangani tindakan suku-suku yang bebas dan merajalela di Romawi, dan pada tahun 476 M kaisar Romawi terakhir di Barat, yaitu Romulus Augustulus, ditangkap dan tahtanya dirampas oleh seorang raja Jermanik bernama Odoaker. Romulus Augustus, kaisar terakhir Romawi Barat, berlutut di hadapan Odoaker.
-     Tahun-tahun penting Romawi
*800 SM peradaban Etruscan muncul
*(kerajaan 753-509)
*753 SM tanggal tradisional pendirian Roma
*509 SM Republik Roma didirikan
*(republic romawi 509-27)
*496 SM Bangsa Romawi mengalahkan bangsa Latin dalam pertempuran di Danau Regillus
*493 SM persekutauan Romawi-Latin , yang memerangi bangsa Etruskan
*400 SM Runtuhnya Etrusia
*390 SM kota Roma dijarah oleh bangsa celtik
*306 SM bangsa Romawi mengalahkan bangsa Etruskan
*300 SM Ekspansi bangsa Romawi untuk menguasai Italia
*200 SM perkembangan seni, arsitektur, dan kesusastraan Romawi klasik
*264- 202 SM perang punik dan jatuhnya Kartago
*146 SM Bangsa Romawi merebut Yunani
*103 SM pemberontakan budak di Roma
*91 SM perang antara Roma dan kota-kota di Italia
*88 SM perang saudara di Roma
*50 SM Caesar menaklukkan Prancis
*30 SM penyair Virgil dan sejarawan Livy berkarya
*49-31 SM perang sodara diantara para Jendral yang saling bersaing
*27 SM Oktavianus, berakhirnya republic, berkembangnya kekaisaran
*Kekaisaran Romawi (27SM-475 M)
*64 M mulainya penindasan terhadap orang Kristen di roma dimasa pemerintahan
Kaisar Nero (juga pada 303-311 M)
*100 M kekaisaran mencapai puncak kejayaan
*160 M wabah penyakit dan krisis membuat jumlah penduduk dan pedagang merosot
*165-167 M wabah penyakit melanda kekaisaran Romawi
*167-180 M perang Marcomanni melawan orang barber pertama
*200 M jaringan jalan raya kekaisaran di selesaikan
*212 M kewarganegaraan Roma diberikan kepada seluruh penduduk kekaisaran
*250 M penyembahan terhadap kaisar diwajibkan dibawah pemerintah Decius
*260 M serangan oleh bangsa Barbar di mulai
*276 M kaisar Tacitus dibunuh oleh pasukannya
*286 M Diolectianus membagi kekaisaran menjadi dua bagian ia memerintah kekaisaran bagian timur, Maxsimillian memerintah bagian barat
*313 M Konstantinus mengeluarkan dekrit yang bersisikan toleransi agama
*324 M Konstatinopel didirikan sebagai ibu kota kekaisran yang baru
*370 M bangsa Barbar menyerang kekaisaran
*406 M orang Romawi mundur dari Inggris, Gaul, dan Iberia.
*410 M bangsa Visigoth menjarah Roma. Ini mengakibatkan kemerosotan kota roma dengan cepat
*476 M jatuhnya kaisar terakhir, Romulus Agustus.
B.     Agama bangsa Romawi
Bangda Romawi menganut politeisme. Mereka menjadikan setiap Tuhan sebagai maifestasi kehidupan dan wujud yang memiliki kekuatan di luar alam pikiran normal (supranatural). Para tuhan atau Dewa membantu orang-orang yang beribadah kepada mereka dengan bersembahyang, berdoa, dan ibadah lainnya.karna itu, bangsa ini membanggun kuil-kuil besar untuk melaksanakan ritual keagamaan terhadap para dewa.
Masyarakat Romawi meyakini ramalan. Mempercayai ayam suci dan tatacara menyantapnya, begitu juga hati binatang, baik bentuk maupun warnanya. Tempat-tempat penyembelihan hewan dibangun disa,ping tembok rumah mereka. Dalam hal pengobaran api abadi, para pemuka agama memegang kendali. Menyerahkan keamanan dan penjagaan rumah kepada Dewa Jenus, Dewa Cahaya dan Keselamatan. Menyembah dewa di dalam kuil.
Kemudian terjadilah pencampuran antara kepercayaan Yunani dan Romawi. Hal tersebut dapat dilihat pada mayoritas bangsa Romawi yang terpengaruh bangsa Yunani.
Dewa-dewa Romawi adalah cerminan dari dewa-dewa Yunani. Perbedaannya hanya dalam hal nama saja.
* Jupiter – Zeus  * Mares – Ares
* Juno-Hera * Minerya-Athena * Venus-Aprodhite
Masyarakat mengadopsi hal tersebut berdasarkan cerita mitologi Yunani, bukan dari imajinasi mereka. Selain itu diyakina bahwa ajran dan filsafat Socrates dan yang lainnya telah memengaruhi mereka sehingga bangsa Romawi selalu menganggap mudah berbagai urusan.
Berikut ini adalah urutan nama-nama dewa Romawi: Apollo, Bacchus, Ceres, Diana, Juno, Juventus, Mars, Mercury, Minerva, Neptune, Venus, dan Vesta.
Selain itu masyarakat yunani mempercayai bahwa Hercules keturunan dewa berwujud manusia. Dia adalah orang yang paling berjiwa patriot dikalangan masyarakat Romawi. Selain dikultuskan dan diabadikan setelah kematiannya, dia sesekali disembah.
456 SM, telah berlaku undang-undang tertulis pertama di Romawi The Law of The Twelve Tables. Masyarakat Romawi menyembah berhala hingga kedatangan agama Nasrani. Pada akhirnya, agama ini berhasil menggantikan posisi agama pagan. Hal tersebut terjadi setelah konflik keduanya berlangsung selama lebih dari 3 abad[2].


[1]Sami bin Abdullah al-Maglouth, Ensiklopedia Atlas Agama-Agama( PT Niaga Swadaya, 2011), h. 549.

[2] Di ambil dari makalah Agama Minor ”Agama Romawi” semester VI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar