my pet.....

Kamis, 23 Mei 2013

Sekilas mengenai Suku Amerika Kuno



A.    Sejarah dan perkembangannya
1.      Amerika adalah benua terbesar kedua yang terletak di belahan bumi sebelah Barat. Secara astronomis, benua ini terletak antara ± 80°LU - 56°LS dan ±170°BB – 36°BB. Bentuk wilayahnya yang memanjang ini seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara dengan Kutub Selatan. Luas wilayah daratannya mencapai ± 41.825.581 km² atau sekitar 28,1% dari seluruh luas wilayah daratan dunia dengan batas-batas berikut ini:
2.      Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Arktik dan kawasan Kutub Utara.
3.      Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Atlantik.
4.      Sebelah Barat dan Selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik[1].
Benua Amerika yang demikian luas pada masa awalnya telah dihuni oleh beragam suku Indian sebagai penduduk asli. Menurut para ahli arkeologi, suku-suku Indian merupakan migrant dari Asia rumpun Mongoloid. Migrasi dari Asia ke Amerika berlangsung 20.000 hingga 25.000 tahun yang lalu melalui jalur barat laut Siberia menyeberangi selat Bering yang sempit menuju Alaska kemudian menyebar ke selatan.Migrasi yang bergelombang dalam kelompok-kelompok kemudian menyebar pada wilayah yang sangat luas, dipercaya menyebabkan terbentuk beragam suku dan kebudayaan. Kebudayaan–kebudayaan suku-suku tersebut berkembang sendiri-sendiri dan terjadi pertukaran atau kontak dengan suku-suku yang terdekat. Aspek budaya yang berkembang antara lain system bercocok tanam seperti jagung, kentang, ubi, coklat dan tembakau.Kebudayaan suku-suku Indian berkembang menjadi peradaban yang tinggi dicapai oleh bangsa Aztek, Maya dan Inca. Peradaban Aztek berkembang di lembah-lembah dan dataran tinggi Mexico. Peradaban bangsa Maya berkembang di semenanjung Yucatan Mexico, sedangkan peradaban Inca berkembang di dataran tinggi Peru hingga Bolivia pegunungan Andes Amerika Selatan[2].
*      Suku Aztec
Kaum Aztek atau Aztec adalah orang Amerika Tengah dari sentral Meksiko yang kaya dengan warisan mitologi dan kebudayaan. Dalam bahasa Nahuatl, bahasa suku Aztek, "Aztek" berarti seseorang yang berasal dari Aztlán". Kaum Aztek juga menyebut diri mereka sebagai Mehika atau Meshika atau Mexica, asal nama Stocking "Meksiko". Penggunaan nama Aztek sebagai istilah yang merujuk kepada mereka yang mempunyai ekonomi, adat, agama, dan bahasa Mexica diawali oleh Alexander von Humboldt.
·         Legenda
Aztek merupakan satu dari beberapa kebudayaan, yang disebut secara umum sebagai "nahuas" mengikut bahasa mereka. Ketika kaum Aztek sampai ke lembah Anahuac, mereka dianggap oleh nahuas lain sebagai yang paling tidak berperadaban, jadi mereka memutuskan untuk belajar, dan mengambil dari kaum- kaum lain, mereka banyak belajar dari Toltec tua (yang sering dikelirukan dengan kebudayaan Teotihuacan yang lebih tua. Kaum Aztek menggabungkan beberapa tradisi dicampurkan dengan tradisi mereka sendiri. Karena itu mereka mempunyai beberapa mitos penciptaan, satu darinya menggambarkan empat era sebelum dunia sekarang, kesemuanya berakhir dengan malapetaka. Era kelima akan kekal disebabkan pengorbanan hero kepada matahari. Dongeng ini dikaitkan dengan kota tua Teotihuacan, yang telah musnah ketika kaum Aztek tiba. Mitos yang lain menggambarkan dunia sebagai ciptaan dewa kembar, Tezcatlipoca dan Quetzalcoatl. Tezcatlipoca kehilangan kakinya dalam proses ciptaan dunia dan semua gambaran dewa ini menggambarkan Tezcatlipoca tanpa kaki dan menampakkan tulang. Quetzalcoatl juga dikenali sebagai Tezcatlipoca Putih. Menurut legenda, mereka mengembara ke Lago de Texcoco di Meksiko Tengah dari suatu tempat di utara yang dikenali sebagai Aztlán. Mereka dipandu oleh dewa mereka Huitzilopochtli. Ketika mereka tiba di sebuah pulau di tengah danau, mereka melihat burung elang memakan seekor ular ketika bertengger di atas kaktus nopal, gambaran yang sesuai dengan ramalan yang menyuruh mereka membuat pemukiman baru di situ. Kaum Aztek membuat kota mereka yang dikenal sebagai Tenochtitlan. Tempat tersebut, pada masa sekarang merupakan pusat kota Meksiko. Burung Elang legendaris itu pun juga terdapat dalam bendera Meksiko[3].
·         Peradaban Aztec
Kerajaaan Aztec berdiri sekitar tahun 1298 M dan mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1450 M. Kerajaan Aztec mengalami kehancuran setelah datangnya bangsa Spanyol,dengan raja terakhirnya Monte Zuma II.Pusat kerajaan Aztec yaitu didaerah semenanjung Yukatan-Mexico.
·         Hasil Kebudayaan suku Aztec :
 ·kuil berbentuk piramida yang tengahnya berlubang untuk memasukan kurban (emas dan perak)
·Konsep kepercayaannya menyembah dewa-dewa
·Ditemukan patung di kota Vera Cruz, yang beratnya 30 ton sebagai perwujudan dewa utama yang disucikan
·Mampu mengusahakan tambang emas dan perak
·Suku Aztec tiap 52 tahun sekali mengadakan upacara besar-besaran yang dipusatkan di Hall of the Star, ibukota kerajaan Aztec[4].
*      Suku Maya
Suku Maya adalah kelompok suku yang tinggal di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah barat, dan Laut Karibia disebelah timur. Suku yang pada zaman batu mencapai kejayaan di bidang teknologinya (250 M hingga 925 M), menghasilkan bentuk karya dan peradaban unik seperti bangunan (Chichen Itza), pertanian (kanal drainase), tanaman jagung dan latex, sumurnya yang disebut "cenotes".
Cara mereka berkomunikasi dan mendokumentasikan tulisan: Tulisannya menggunakan gambar dan simbol, yang disebut "glyph". Ada dua macam glyph: yakni yang menampilkan gambar utuh dari benda yang dimaksudkan, dan tipe yang menggambarkan sesuatu sesuai dengan suku katanya. Misalnya kata "balam: jaguar", digambarkan dengan kepala binatang tersebut, atau dengan tiga suku kata "ba"-"la"-"ma" yang terdiri dari tiga gambar sejenis mangkok/tempurung.
Suku ini juga mengenal kecantikan seseorang, dengan membuat tempurung kepalanya menjadi rata, dengan cara mengikatkan papan di dahi dan tempurung belakang pada bayi/kelahiran anak, sehingga pada waktu dewasa mereka merasa anggun dengan memiliki tulang dahi yang rata. Adapun senjata yang digunakan adalah disebut "Atlatl" , yakni semacam busur dan panahnya.Makanan utama mereka adalah: Tortilla[5].
·         Peradaban Maya
Kerajaan Maya terletak di Meksiko Selatan dan Amerika Tengah. Wilayah Kerajaan Maya meliputi : Semenanjung Yukatan(Meksiko), Honduras, dan Guatemala.
·         Kebudayaan Maya : Telah mengenal tulisan yang disebut huruf Hierogliyph Mata pencaharian pokoknya adalah pertanian Telah mengenal Ilmu Astronomi :
·Sistem Kalender berdasarkan peredaran matahari , 1 tahun = 365 hari
·Sistem Kalender berdasarkan kepercayaan , 1 tahun = 260 hari Teknilogi tinggi, aitu mampu membuat bangunan kuil yang tinggi dan bertingkat 229. Kepercayaan suku maya memuja banyak dewa (politheisme), seperti Dewa laut, Dewa Matahari
*      Peradaban Inca
Peradaban bangsa Inca merupakan peradaban Indian paling maju. Inca berarti anak-anak matahari.Pemandangan Machu Picchu, kota bangsa Inka yang hilang, kini situs arkeologi. Kerajaan Inka adalah sebuah kerajaan yang terletak di wilayah yang sekarang adalah Peru dari 1438 sampai 1533. Inka disebut sebagai peradaban "pra-Columbus, artinya sudah ada sejak sebelum kedatangan Christopher Columbus. Selama periode tersebut, Inka menguasai sebagian besar wilayah Amerika Selatanbagian barat yang berpusat di pegunungan Andes hingga 1533, saat bangsa Spanyol menyerbu negeri itu. Atahualpa yang merupakan raja Inka terakhir, disebut juga dengan istilah Sapa Inca, tewas terbunuh oleh penjelajah Spanyol yang bernama Francisco Pizarro, yang juga menandai awal masa berkuasanya Spanyol di daerah tersebut.Kebudayaan Inca berkembang pada tahapan-tahapan:
-Gelombang pertama: mengembangkan system pertanian dengan menanam kentang, jagung dan kacang tanah.
-Gelombang ke dua : membangun kota
-kota dengan bangunan yang terbuat dari batu.
-Gelombang ke tiga : membangun ibukota imperium di lembah Cuzco, membangun benteng-benteng dan irigasi, mengembangkan koloni-koloni serta membangun jalan raya yang menghubungkan ibukota imperium dengan daerah koloni. Imperium Inca dipimpin oleh seorang raja dengan kekuasaan mutlak secara turun temurun dan bersifat teokratis.
Aspek budaya berupa kemajuan seni bangunan ditandai dengan dibangunnya kuil dan benteng besar dari batu. Perdagangan dilakukan secara barter. Kerajinan keramik dan tekstil berkembang baik Pewarisan budaya dilakukan secara lisan tentang sejarah, adat istiadat, puisi dan music
·         Peradaban Inca
·Kerajaan Inca terletak di Peru tepatnya disekitar danu Titicaca dekat pegunungan Andes.Pendirinya adalah Manco-Copac tahun 500 M.
·Wilayah Kekuasaannya : Bolivia, Chili, Brazilia dan Equador terjadi pada masa Raja Sinci Roca 1105 M. Raja Sinci Roca 1105 M merupakan pemersatu bangsa Indian. Tiap wilayah diberi hak otonomi yang disebut Ayllu.
2.      Perkembangan Peradaban Kuno Amerika Peradaban Amerika berkembang melalui beberapatahapan :
-Peradaban masa pribumi berkembang antara 500 SM hingga abad 16 M
-Peradaban masa colonial berkembang antara abad 16 M hingga abad 19 M
-Peradaban masa nasional baru berkembang antara tahun 1900 hingga 1930
-Peradaban masa Amerika moderen berkembang dari tahun 1930 hingga sekarang.
Perkembangan peradaban kuno Amerika yang terjadi pada masa pribumi oleh bangsa Aztek, Maya dan Inca banyak dipengaruhi oleh perkembangan peradaban dunia, terutama perkembangan peradaban Eropa. Pada masa peradaban colonial ditandai dengan datangnya bangsa Spanyol dan Portugis seperti Cortez (1511) dan Pizarro (1533) merupakan permulaan keruntuhan peradaban Amerika kuno. Kehadiran bangsa Eropa melakukan penaklukan dan kolonisasi. Derah-daerah Aztek, Maya dan Inca dikuasai, para pemimpinnya dibunuh. Kekayaan bangsa tersebut diambil alih. Penjelajahan dan pencarian daerah-daerah baru oleh bangsa Eropa didorong dengan lahirnya masa renainsance. Masa ini kemudian mengembangkan ilmu pengetahuan serta penemuan baru dibidang science seperti kompas untuk navigasi. Kemajuan–kemajuan ilmu pengetahuan serta penguasaan modal mendorong lahirnya revolusi industri dan revolusi perdagangan. Perkembangan di Eropa tersebut mempercepat kepunahan peradaban Amerika kuno. Hal ini disebabkaan oleh imperialisme/kolonialisme wilayah-wilayah Amerika.ndustri dan perdagangan di Eropa memerlukan bahan-bahan mentah yang didatangkan dari daerah koloni. Kemakmuran Eropa melahirkan kelas-kelas masyarakat baru. Migrasi bangsa Eropa ke Amerika berlangsung cepat. Samudra Atlantik menjadi sarana lalulintas yang ramai. Kaum pendatang dari Eropa akhirnya membentuk Negara sendiri yang terlepas dari induknya di Eropa, membangun system peradabannya sendiri menggantikan peradaban Amerika kuno menjadi peradaban modern Amerika. Peradaban ini didomonasi oleh Amerika Serikat. Peradaban kuno Aztek, Maya dan Inca hilang. Sistem budaya, religi, seni, ilmu pengetahuan, bahasa, ekonomi, etik dan estetika hanya tinggal kenangan. Sisa-sisa peradaban tinggal berupa puing-puing bangunan[6].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar